Kuliah Tamu Pendidikan Matematika

UMK – Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus menyelenggarakan kuliah tamu pada hari Sabtu, 6 Januari 2018. Kegiatankuliah tamu dengan tajuk “Meretas Peluang Sarjana Pendidikan Matematika yang Profesional” ini bertempat di Ruang Seminar Gedung Rektorat Lantai IV dengan peserta dosen dan seluruh mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Muria Kudus.

Pembuka acara kuliah tamu ini yaitu Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus yang diwakili oleh Wakil Dekan III, Drs. Sucipto, M.Pd. Kons. Beliau menyampaikan bahwa calon pendidik matematika harus profesional.

Kuliah tamu kali ini menghadirkan Ardhi Prabowo, S.Pd., M.Pd. sebagai pakar pembelajaran inovatif dari Pendidikan Matematika Universitas Negeri Semarang. Ardhi mengatakan bahwa agar menjadi guru yang profesional salah satunya adalah harus kreatif. Caranya yaitu guru harus selalu memperluas pengetahuan dan dapat mengubah pola hidup. Mahasiswa peserta kuliah tamu diajak berpikir kreatif dengan cara disajikan sebuah spidol, kemudian peserta secara berpasangan membuat pertanyaan yang berbeda berkaitan dengan spidol. Kegiatan sederhana ini sebagai contoh bagaimana guru secara kreatif bisa mendorong siswanya untuk berpikir kreatif.

Di dalam kegiatan kuliah tamu ini, pembicara lebih banyak mengajak peserta untuk kreatif dan bekerja kelompok. Salah satu peserta mengungkapkan bahwa kegiatan kuliah tamu kali ini berbeda karena sangat interaktif dan lebih banyak melibatkan mahasiswa untuk berdiskusi dan berkarya.

Narasumber yang pernah menjadi Konsultan Nasional USAID-Prioritas dan DFAT-Inovasi ini menutup kuliah tamu dengan menyimpulkan 4 kompetensi yang harus dikuasai oleh pendidik yang profesional, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. (Himma)